Ithb Repository

Pengimplementasian Deep Q-Network untuk Agen yang Memainkan Permainan Multi-Colored Maze

Stefanus Felix Huwae, 1118025 and Ventje Jeremias Lewi Engel, (Pembimbing) (2023) Pengimplementasian Deep Q-Network untuk Agen yang Memainkan Permainan Multi-Colored Maze. S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Deep Q-Network adalah salah satu metode dalam Deep Reinforcement
Learning yang cukup sering digunakan untuk menyelesaikan masalah terutama
dalam bermain video game. Karena penggunaan Deep Q-Network yang cukup
sering untuk memainkan video game pasti metode tersebut dapat menyelesaikan
Multi-Colored Maze. Multi-Colored Maze sendiri merupakan permainan puzzle
yang berasal dari video game Undertale, dimana pemain harus menyelesaikan
puzzle yang diberikan,dengan mencapai sisi lainnya. Puzzle ini berupa kotak-kotak
berwarna dengan tiap warna memiliki fungsi sendiri-sendiri, hal tersebut membuat
puzzle ini hampir mirip dengan masalah pathfinding namun memiliki perbedaan
tidak adanya tembok yang jelas kecuali pembatas. Dalam penelitian ini akan
diimplementasikan metode Deep Q-Network untuk mencari nilai reward and
punishment kumulatif terbaik dalam menyelesaikan Multi-Colored Maze. Dengan
menggunakan koordinat agen dan koordinat tujuan sebagai masukan untuk metode
Deep Q-Network. Ketika diimplementasikan, metode Deep Q-Network memiliki
kegagalan dalam mencapai tujuan untuk menyelesaikan masalah dan hal ini dapat
disebabkan oleh beberapa hal seperti cepatnya proses eksplorasi berakhir dalam
siklus eksplorasi-eksploitasi, pemilihan metode Deep Q-Network yang dapat
dikatakan sebagai metode value-based yang memiliki fokus dalam mempelajari
fungsi value, dan juga dapat dikatakan sebagai algoritma off-policy yang tidak
serta merta menggunakan policy yang sama dalam proses pembelajaran. Adapun
penggunaan nilai hyperparameter gamma juga dapat menjadi salah satu faktor
yang dapat menyebabkan kegagalan metode Deep Q-Network dalam
menyelesaikan Multi-Colored Maze.

Item Type: Publication (S1)
Uncontrolled Keywords: Deep Q-Network, Video Game, Multi-Colored Maze, Deep Reinforcement Learning, Puzzle.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ITHB > Teknik Informatika
Depositing User: Mr Agung
Date Deposited: 19 Feb 2025 05:48
Last Modified: 19 Feb 2025 05:48
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility