Ithb Repository

PERANCANGAN ALGORITME PENEMPATAN BARANG UNTUK MEMINIMALKAN KONSUMSI BAHAN BAKAR FORKLIFT PADA GUDANG DENGAN RUTE SATU ARAH

Marffel Romero, 1618005 and Ari Setiawan, (Pembimbing) and Anggoro Prasetyo Utomo, (Penguji) and Roland Silitonga, (Penguji) (2023) PERANCANGAN ALGORITME PENEMPATAN BARANG UNTUK MEMINIMALKAN KONSUMSI BAHAN BAKAR FORKLIFT PADA GUDANG DENGAN RUTE SATU ARAH. S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan pergudangan menjadi salah satu bagian terpenting yang terdapat pada
sektor industri. Salah satu dampak pada permasalahan pergudangan adalah besarnya biaya
pengeluaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam pengalokasian penyimpanan
barang dan pengambilan barang. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk memperhitungkan dan
meminimasi biaya bahan bakar yang akan dikeluarkan mesin forklift. Dengan demikian pada
penelitian kali ini akan dirancang algoritme pengambilan barang dengan mempertimbangkan
beberapa spesifikasi barang dari segi berat dan volume yang akan terbagi menjadi 9 kriteria
berat dan volume barang, kriteria tersebut digunakkan untuk mempertimbangkan penempatan
barang saat dilakukannya penyimpanan barang pada gudang, Setelah dilakukannya pembagian
ke 9 kriteria maka akan dilakukan pembuatan 3 jenis algoritme yaitu algoritme 1 adalah
penempatan barang dimulai dari kriteria barang yang memiliki berat dan volume yang terbesar
terlebih dahulu. Algoritme yang 2 adalah penempatan barang yang memiliki berat dan volume
terkecil dahulu. Dan algoritme 3 adalah penempatan dengan berat dan volume terbesar dimulai
dari tengah gudang. Pembuatan algoritme sendiri bertujuan untuk mengetahui penempatan dan
pengambilan material manakah yang paling efektif dalam segi konsumsi bahan bakar mesin
forklift. Dari hasil pembuatan ketiga algoritme yang telah dibuat maka akan dilakukan analisis
biaya bahan bakar yang akan dikonsumsi oleh mesin forklift, berdasarkan hasil analisis yang di
peroleh disimpulkan bahwa algoritme yang memiliki biaya konsumsi bahan bakar paling
optimal adalah algoritme pertama. Maka dapat disimpulkan algoritme yang terpilih adalah
algoritme pertama karena memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang tergolong rendah
dibandingkan dengan algoritme 2 maupun algoritme 3. Terdapat beberapa usulan dan
pertimbangan untuk penelitian selanjutnya yaitu mempertimbangan layout gudang satu arah
dengan bentuk lainnya, menambahkan jumlah barang yang dapat disimpan pada setiap lokasi
penyimpanan, mempertimbangkan mengenai jumlah barang dan tumpukkan barang yang
diangkut oleh mesin forklift dan melakukan penambahan variabel yang digunakkan dengan
mempertimbangkan biaya maintenace forklift, biaya depresiasi forklift, dan biaya man power
atau (upah operator).

Item Type: Publication (S1)
Uncontrolled Keywords: Pergudangan, Tataletak, Algoritme Tataletak, Minimasi biaya bahan bakar.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: ITHB > Manajemen Rantai Pasok
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 25 Mar 2025 02:17
Last Modified: 25 Mar 2025 02:17
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility