Ithb Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS DAN METODE KANO PADA PT XYZ

Lesmono Nicko Louis Renando, 1619011 and Anggoro Prasetyo Utomo, (Pembimbing) and Ricky Doddy Sianturi, (Pembimbing) and Vina Sari Yosephine, (Penguji) and Sonna Kristina, (Penguji) (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS DAN METODE KANO PADA PT XYZ. S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT XYZ merupakan satu-satunya operator pengiriman barang dengan moda kereta api
di Indonesia. Wawancara dilakukan pada pelanggan terkait pelayanan PT XYZ. Berdasarkan
hasil wawancara, dapat diketahui bahwa pelayanan saat ini kurang memuaskan pelanggan,
sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap kualitas pelayanan PT XYZ saat ini. Tujuan dari
penelitian ini adalah menganalisis kualitas pelayanan PT XYZ, menganalisis atribut apa saja
yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan, serta menyusun prioritas terhadap atribut yang
perlu ditingkatkan. Metode yang akan digunakan untuk menganalisis kualitas pelayanan PT
XYZ adalah metode IPA dan Kano dengan menggunakan SERVQUAL sebagai dimensi atribut.
Metode IPA digunakan untuk memetakan kesenjangan antara kinerja dengan harapan
pelanggan dalam diagram IPA, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan
berdasarkan pelayanan yang memiliki tingkat harapan tinggi namun tingkat kinerja rendah.
Selanjutnya, dilakukan perhitungan menggunakan metode Kano, sehingga dihasilkan prioritas
atribut pelayanan yang akan ditingkatkan. Terdapat 15 atribut pelayanan yang akan dianalisi
dalam penelitian ini. Setelah melakukan pengolahan data terhadap 50 responden, hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan PT XYZ berdasarkan sudut pandang
pelanggan kurang memuaskan pelanggan. Oleh karena itu, perlu dilakukan peningkatan
kualitas pelayanan pada PT XYZ. Terdapat 3 atribut yang dipiroritaskan untuk ditingkatkan
dan terdapat 6 atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya.

Item Type: Publication (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Metode IPA, Metode Kano, PT XYZ
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: ITHB > Manajemen Rantai Pasok
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:34
Last Modified: 25 Mar 2025 06:34
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility