Ithb Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA IPHONE 12 DI KOTA BANDUNG

Ferdy Renardy, 3218033 and Michael Chandrawijaya, (Pembimbing) and Linda Gandajaya, (Penguji) and Beby Nurtesha Putri, (Penguji) (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENGGUNA IPHONE 12 DI KOTA BANDUNG. S1 publication, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada saat ini, industri komunikasi di Indonesia memiliki persaingan
yang sangat ketat dengan banyaknya brand smartphone yang beredar di pasar,
salah satunya adalah brand Apple yang mengeluarkan serangkaian produk
smartphone dan seringkali dikenal sebagai iPhone. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen
kepada para pengguna iPhone 12 yang berada di Kota Bandung. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu causal explanatory. Untuk melihat apakah kualitas produk
dan harga dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pengguna. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan data melalui teknik
data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan dengan
penyebaran kuisioner. Sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan dengan
studi pustaka serta pengumpulan data dengan cara melihat data-data historis dari
masa lalu. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 290 responden
masyarakat usia produktif 15 hingga 64 tahun di Kota Bandung yang
menggunakan iPhone 12. Keseluruhan responden tersebut dihitung
menggunakan metode Hair. Sementara itu, data yang digunakan adalah data
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian
ini terdiri dari satu variabel dependen (Y), yaitu kepuasan konsumen, serta dua
variabel independen (X), yaitu kualitas produk (X1) dan juga harga (X2). Dari
hasil pengujian secara parsial dan simultan variable Kualitas Produk dan Harga
berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen karena pengujian F test didapatkan
nilai sig sebesar .000 dan .05 dan nilai t test sebesar .000. Besarnya pengaruh
Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen diukur menggunakan
koefisien determinasi dan didapatkan hasil sebesar 40,5%. Hasil pada penelitian
inimenunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif terhadap
Kepuasan Konsumen pada pengguna iPhone 12 di Kota Bandung.

Item Type: Publication (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas produk, harga, kepuasan konsumen, smartphone, iPhone.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: STIEHB > Manajemen
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 08 Apr 2025 05:23
Last Modified: 08 Apr 2025 05:23
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility