Ithb Repository

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INDRIVE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I DI KOTA BANDUNG)

Vanessa Christandi, 3219006 and Michael Chandrawijaya, (Pembimbing) and Tongam Sirait, (Penguji) and Anita C. Puteri Tito, (Penguji) (2023) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN INDRIVE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA/I DI KOTA BANDUNG). S1 publication, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, pada era modern ini terjadi banyak perubahan,
salah satunya pada perkembangan dunia transportasi. Dengan perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi saat ini, terdapat inovasi baru yaitu transportasi berbasis aplikasi
atau transportasi online. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa bisnis transportasi online
yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, salah satu perusahaan jasa transportasi yang sedang
berkembang di Kota Bandung saat ini adalah inDrive. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan inDrive. Jenis
penelitian ini adalah penelitian causal explanatory. Dalam penelitian ini cara memperoleh
data melalui teknik data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer dilakukan
dengan penyebaran kuesioner, sedangkan pengambilan data sekunder dilakukan pada
penelitian ini dengan studi pustaka serta pengumpulan data dengan cara melihat data data
historis dari masa lalu. Penelitian ini menggunakan minimal 180 responden dihitung
menggunakan metode Hair dengan mengambil responden mahasiswa/i yang menggunakan
jasa transportasi online inDrive. Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel
dependen (Y), yaitu Kepuasan Pelanggan, serta dua variabel independen (X), yaitu Harga
(X1) dan Kualitas Pelayanan (X2). Alat analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis regresi berganda. Dari uji yang telah dilakukan pada penelitian ini Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 62,4%. Dari uji yang telah dilakukan pada
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Pelanggan sebesar 52,5 %. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa
variabel Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan
sebesar 40%.

Item Type: Publication (S1)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: STIEHB > Manajemen
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 08 Apr 2025 05:42
Last Modified: 08 Apr 2025 05:42
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility