Ithb Repository

Penerapan Long-Short Term Memory Dan SEQ2SEQ Pada Chatbot Sebagai Media Latihan Bahasa Inggris

James Jordan, 1120032 and Ventje Jeremias Lewi Engel, (Pembimbing) (2024) Penerapan Long-Short Term Memory Dan SEQ2SEQ Pada Chatbot Sebagai Media Latihan Bahasa Inggris. S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang penting dalam komunikasi global, bisnis, pendidikan, dan teknologi. Di era digital saat ini, kebutuhan untuk menguasai bahasa Inggris semakin penting. Penelitian ini berfokus pada pembangunan model chatbot yang bisa digunakan sebagai media pelatihan bahasa yang interaktif menggunakan deep learning dengan arkitektur Seq2Seq yang menggunakan sel LSTM dan BiLSTM serta pengaruh parameternya pada nilai skor Bleu. Penelitian ini menggunakan dataset “Cornell movie subtitle corpus” untuk melatih model. Indikator yang digunakan dalam fase pengujian adalah learning rate, epoch, batch, max sequence length, dan embedding size. Berdasarkan hasil pengujian dengan indikator tersebut, model yang terbaik untuk meraih skor Bleu menggunakan learning rate 0.001, max sequence length 15, embedding size 300, epoch 250, dan batch 250 dengan skor nilai Bleu 0.2032180319. Evaluasi manusia terhadap model chatbot menunjukan bahwa subjek bisa mendapat manfaat dari metode pembelajaran chatbot yang interaktif, praktis dan fleksibel. Hasil evaluasi manusia juga menyarankan bahwa sebagian besar subjek tidak merasa tekanan sosial dari penggunaan chatbot.

Item Type: Publication (S1)
Uncontrolled Keywords: Long Short Term Memory (LSTM), Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM), Sequence-to-Sequence, Chatbot.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ITHB > Teknik Informatika
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 14 Apr 2025 04:30
Last Modified: 14 Apr 2025 04:30
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility