Salsabila Seyla Nurmediana, 3420051 (2023) OPTIMALISASI FITUR E-COMMERCE SHOPEE PADA TOKO ONLINE CHACA COSMETICS. S1 publication, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era masa kini, industri kecantikan telah berkembang dan memunculkan kesadaran dalam diri seseorang pada dirinya sendiri untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Banyak masyarakat di Indonesia memutuskan untuk menggunakan produk skincare dan kosmetik lainnya untuk merawat kesehatan kulit. Produk kecantikan tersebut saat ini tersedia di berbagai chanel penjualan baik offline maupun online. Shopee menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja kosmetik karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau dibandingkan store offline. Dari segi psikologis, konsumen dapat mengeksplor produk tanpa adanya tekanan dari sang penjual secara langsung karena belanja kosmetik di Shopee memberikan konsumen pengalaman berbelanja secara personal. Belanja kosmetik secara online memberikan dampak yang positif terhadap industri kecantikan. Pelaku usaha skincare dapat menjangkau pasar global, konsumen bisa mengakses berbagai merek lokal maupun internasional. Dengan fenomena tersebut, peneliti ingin melakukan perancangan strategi pemasaran digital yang tepat untuk meningkatkan penjualan Chaca Cosmetics pada e-commerce Shopee. Chaca Cosmetics menjadi salah satu pelaku bisnis retail yang menjual produk kecantikan merek lokal di Shopee. Meskipun sudah lama berjualan, pada tahun 2024 mengalami penurunan karena kurangnya maintenance serta promosi. Hal ini juga berdampak pada insight yang menurun sehingga produk jualan Chaca Cosmetics sulit berada di posisi atas pencarian dan sulit menaikkan omset toko. Melihat permasalahan ini, penulis ingin melakukan perancangan strategi pemasaran digital yang tepat untuk meningkatkan penjualan Chaca Cosmetics pada e-commerce Shopee. Penelitian ini akan diterapkan pada Chaca Cosmetics dengan menggunakan metode Validated Lean Canvas, validasi produk, validasi customer, SWOT Analysis, dan Porter’s Five Analysis dan menganalisis kelayakan bisnis dengan metode A/B Testing yaitu ATB Form dan juga Teknik Lift Analysis untuk mengetahui tingkat ROI Marketing.

Item Type: Publication (S1)
Additional Information: Anitha Chrishanti Puteri Tito (Pembimbing) Michael Chandrawijaya (Pembimbing) Beby Nurtesha Putri (Penguji) Lazarus Valens Eldianto (Penguji)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran digital, Penjualan, e-commerce Shopee, skincare
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: STIEHB > Manajemen
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 18 Sep 2025 05:09
Last Modified: 18 Sep 2025 05:09
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility