Ithb Repository

Analisis Faktor Kualitas Informasi Dan Sosial Engagement Influencer Pada Digital Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Kecantikan

Ribka Wulan Simbolon, - (2022) Analisis Faktor Kualitas Informasi Dan Sosial Engagement Influencer Pada Digital Marketing Terhadap Brand Awareness Produk Kecantikan. S1 thesis, Institut Teknologi Harapan Bangsa.

[thumbnail of 1218039_S_Title.pdf] Text
1218039_S_Title.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 1218039_S_Author.pdf] Text
1218039_S_Author.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of 1218039_S_Chapter1.pdf] Text
1218039_S_Chapter1.pdf

Download (24kB)
[thumbnail of 1218039_S_Chapter2.pdf] Text
1218039_S_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of 1218039_S_Chapter3.pdf] Text
1218039_S_Chapter3.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 1218039_S_Chapter4.pdf] Text
1218039_S_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1218039_S_Chapter5.pdf] Text
1218039_S_Chapter5.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1218039_S_Appendix.pdf] Text
1218039_S_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 1218039_Paper-S.pdf] Text
1218039_Paper-S.pdf

Download (494kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang muncul pada tahun 2020 yang melanda dunia termasuk Indonesia menyebabkan budaya kerja yang berubah yang disebut work from home, hal ini memberikan dampak ke berbagai sektor industri salah satunya industri kosmetik. Masyarakat lebih banyak beralih ke kegiatan digital. Digital marketing menjadi salah satu alternative yang digunakan oleh UMKM untuk mempromosikan produk tersebut Banyak local brand kosmetik yang bermunculan di Indonesia yang berlomba untuk menciptakan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau dan memperoleh angka penjualan yang tinggi. Salah satu strategi marketing yang dilakukan melalui digital dengan adanya penerapan content marketing melalui beauty influencer oleh karena itu bagaimana pengaruh campaign yang dilakukan oleh beauty influencer dengan kelengkapan aspek informasi yang disampaikan terhadap brand awareness dari produk kecantikan. Dari penelitian ini juga dapat dianalisis relevansi informasi (perhatian/peringatan) terhadap teknik digital marketing (campaign) beauty influencer dan responsnya audience serta karakteristik influencer yang membuat campaign suatu produk berhasil. Metode penelitian yang dilakukan yaitu melakukan analisis kelengkapan aspek informasi, benchmarking aspek informasi dari 3 brand kecantikan pada produk tertentu, menghitung engagement rate campaigns, melakukan scraping dengan tools Data Scraper untuk memperoleh data dari Instagram dan penggunaan tools Word Cloud untuk visualisasi pengulangan kata relevan yang muncul dari content yang disampaikan. Kesimpulannya yaitu beauty influencer dapat memenuhi aspek informasi perhatian/peringatan dengan campaign yang dilakukan di media sosial Instagram dalam bentuk foto,video,maupun reels serta audiens respon yang terjadi didalam content marketing berpengaruh engagement rate yang diperoleh pada campaign yang dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Cut Fiarni, S.Si,. M.T. | Pembimbing 2 : Tamsir H. Sirait, S.Kom., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kualitas informasi , Beauty Influencer, Sosial Media Engagement,Produk Awareness.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ITHB > Sistem Informasi
Depositing User: Mr Agung
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:56
Last Modified: 05 Jun 2023 06:56
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility