Michael Saint, 1520007 (2023) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DISDUKCAPIL KABUPATEN BANDUNG BARAT. S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.
Full text not available from this repository.Abstract
Pelayanan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia dan memiliki peran penting dalam semua aspek kehidupan, termasuk pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Pelayanan berkualitas dapat dianggap sebagai variabel keberhasilan suatu organisasi pemerintah, menunjukkan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan dan harapan sasarannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat pada Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat dan untuk variabel-variabel kualitas pelayanan Publik pada Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan publik di Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel sebanyak 150 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan Keputusan Men. PAN Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004, dan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Kepuasan Masyarakat Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat berdasarkan tingkat kinerja dan kepentingan masyarakat memiliki kinerja pelayanan yang kurang baik (kategori C). Tingkat rata-rata kesesuaian antara tingkat kinerja dan tingkat kepentingan yang diperoleh dari hasil penelitian sebesar 82% mendekati 100% sehingga dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa pelaksanaan kinerja dengan tingkat kepentingan harapan masyarakat penerima layanan sudah terpenuhi dengan baik.
Item Type: | Publication (S1) |
---|---|
Additional Information: | Roland Y. H. Silitonga (Pembimbing) Marla Setiawati (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | pelayanan publik, kualitas layanan, Indeks Kepuasan Masyarakat, Importance Performance Analysis, Disdukcapil. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | ITHB > Teknik Industri |
Depositing User: | Staf Perpus - Mhs ithb |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 08:24 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 08:24 |
URI: | http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/486 |