Kusherawati, 1219034 (2023) Sistem Informasi Penjadwalan Pelayan Untuk Penyusunan Jadwal Pelayanan Gereja GPdl El-Shaddai Belinyu Bangka. S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.
Full text not available from this repository.Abstract
GPdI El-Shaddai Belinyu Bangka adalah sebuah lembaga gereja yang terletak di daerah Bangka Belitung. Dalam pelaksanaan ibadah sebagian besar informasi disampaikan kepada jemaat secara manual contohnya membagikan kertas atau buku kecil untuk mendukung jalannya ibadah. Pada setiap ibadah terdapat beberapa pelayan yang bertugas melayani jemaat selama ibadah berlangsung. Kategori pelayan dibagi menjadi dua yaitu pelayan mimbar dan non-mimbar. Penjadwalan pelayan dibuat seminggu sekali pada hari Kamis oleh pihak gereja yaitu wakil gembala. Wakil gembala akan menulis bidang dan nama pelayan pada buku pelayan yang ditulis tangan. Namun, saat ini tidak terdapat informasi mengenai ketersediaan waktu para pelayan melayani pada setiap ibadah yang diselenggarakan sehingga pelayan yang berhalangan melayani tetap dijadwalkan. Kesulitan juga terjadi pada beberapa bidang dan ibadah yang memiliki requirement khusus terkait skill dimana untuk ibadah tertentu harus dipastikan memiliki pengalaman dan keahlian yang mumpuni. Karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat alat bantu dalam menyusun jadwal pelayanan sesuai dengan jenis ibadah, ketersediaan waktu, bidang, dan skill masing-masing pelayan pada ibadah yang diselenggarakan oleh gereja. Setelah dilakukan analisis, ditetapkan solusi pembuatan sistem informasi yang mampu menyimpan data ketersediaan waktu setiap pelayan sehingga dapat membantu wakil gembala menyusun jadwal pelayanan ibadah, menyimpan data skill pelayan yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan jadwal sesuai dengan kebutuhan ibadah dan memberikan fitur rekomendasi pelayan berdasarkan histori pelayanan sehingga pelayan tidak dijadwalkan berturut-turut. Setelah perangkat lunak dikembangkan, sistem akan diuji dengan black box testing dan User Acceptance Test. Dari hasil UAT, didapatkan bahwa setiap pengujian memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 80% sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem berhasil mendapatkan nilai baik dari setiap aspek dan setiap user.
| Item Type: | Publication (S1) |
|---|---|
| Additional Information: | Herastia Maharani (Pembimbing) Yosi Yonata (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Penjadwalan Pelayan, Sistem Informasi, Rekomendasi Pelayan, Black Box Testing, User Acceptance Testing. |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | ITHB > Sistem Informasi |
| Depositing User: | Staf Perpus - Mhs ithb |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:04 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/574 |
