Indri Marnala Sari, 1220035 (2023) SISTEM INFORMASI PERBAIKAN FASILITAS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI HARAPAN BANGSA). S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) adalah perguruan tinggi yang turut menyediakan fasilitas untuk digunakan oleh seluruh civitas akademika dan dikelola oleh Divisi Fasilitas. ITHB telah memiliki standar sebagai pedoman dan aturan dalam perawatan dan perbaikan fasilitas yang tercantum dalam manual perawatan dan perbaikan sarana dan prasarana atau petunjuk umum Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Namun, dalam penerapannya dari laporan masalah fasilitas yang diterima Divisi Fasilitas, adanya kesulitan melakukan penugasan kepada pihak yang melakukan perbaikan dan menentukan estimasi waktu perbaikan. Divisi Fasilitas juga kesulitan mengetahui perkembangan proses perbaikan dan melakukan follow up, sehingga adanya resiko masalah fasilitas terlewat diperbaiki dan hasil perbaikan tidak diverifikasi. Sebagai solusi, dikembangkan sistem informasi berbasis web yang mengintegrasikan proses pelaporan masalah fasilitas dengan format yang lebih lengkap, proses penugasan dilengkapi fitur rekomendasi PIC dan estimasi due date berdasarkan standar waktu layanan, proses pelaporan hasil perbaikan, dan proses verifikasi hasil perbaikan untuk mengoptimalkan kinerja dan meningkatkan efisiensi waktu perbaikan. Hasil User Acceptance Testing (UAT) dengan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) menghasilkan skor rata-rata keseluruhan aspek untuk Performance Expectancy sebesar 91,3%, Behavioral Intention sebesar 89,32%, dan Effort Expectancy sebesar 89,12%. Sedangkan, hasil pengujian System Usability Scale (SUS) terjadi peningkatan skor dari 49,3 menjadi 76 yang menunjukkan adjective ratings kategori excellent, grade scale C, dan acceptability ranges yaitu acceptable. Berdasarkan hasil pengujian membuktikan bahwa sistem usulan dapat memenuhi kebutuhan pengguna dan diterima dengan baik.

Item Type: Publication (S1)
Additional Information: Herastia Maharani, S.T., M.T.(Pembimbing) Yosi Yonata, M.T.(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Fasilitas, Laporan Masalah Fasilitas, Penugasan, Sistem Informasi, UTAUT, SUS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: ITHB > Sistem Informasi
Depositing User: Staf Perpus - Mhs ithb
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:11
Last Modified: 09 Dec 2025 06:11
URI: http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item

Ithb Repository is powered by EPrints 3.4 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. About EPrints | Accessibility