Hilda, 1220036 (2023) DASHBOARD MONITORING SYSTEM DIVISI MARKETING PENERIMAAN MAHASISWA BARU (STUDI KASUS: ITHB). S1 publication, Institut Teknologi Harapan Bangsa.
Full text not available from this repository.Abstract
Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) memiliki Divisi Marketing yang bertugas menarik calon mahasiswa melalui pemasaran yang efektif. Saat ini, sistem informasi yang digunakan Divisi Marketing ITHB masih bersifat konvensional, dengan pelaporan masih berupa data, belum berupa model informasi. Dokumen yang berhubungan dengan proses penerimaan mahasiswa baru juga tidak berada dalam kesatuan serta masih ada yang belum dilakukan pengumpulan data. Hal ini dapat menghambat bagian marketing ketika pengolahan data untuk mendapatkan informasi dalam mencapai dan menentukan target setiap kriteria keberhasilan selanjutnya terkait penerimaan mahasiswa baru. Sebagai solusi, dalam penelitian ini dikembangkan sebuah sistem dashboard monitoring Divisi Marketing yang dapat mengintegrasikan seluruh data marketing terkait proses penerimaan mahasiswa baru yang dilengkapi dengan fitur dashboard melalui visualisasi yang tepat dan mudah dipahami. Penelitian ini juga melakukan analisis terkait marketing funnel dan STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) ITHB, serta melakukan clustering untuk memverifikasi bahwa profil mahasiswa yang digunakan relevan dan akurat. Sistem yang dikembangkan menggunakan operational dashboard dengan KPI jumlah intake, persentase kehadiran KPS, rata-rata jumlah leads dan CPL dari digital advertising, jumlah postingan dan engagement rate. Dari hasil pengujian User Acceptance Testing (UAT) terhadap sistem usulan dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) didapat bahwa aspek yang terendah adalah Behavioural intention sebesar 89%, sementara tertinggi adalah performance expectancy. Hal ini membuktikan sistem ini mudah digunakan dan calon pengguna memiliki ketertarikan yang cukup tinggi untuk menggunakan sistem. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini memenuhi kebutuhan pengguna dan mampu diterapkan sebagai media monitoring kinerja mereka.
| Item Type: | Publication (S1) |
|---|---|
| Additional Information: | Herastia Maharani, S.T., M.T.(Pembimbing) Cut Fiarni, S.Si., M.T.(Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, Dashboard, Marketing, KPI, PMB, UTAUT. |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | ITHB > Sistem Informasi |
| Depositing User: | Staf Perpus - Mhs ithb |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 06:16 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 06:16 |
| URI: | http://repository.ithb.ac.id/id/eprint/594 |
